Jumat, 19 Maret 2021

Membangun Kewirausahaan Digital di Era Revolusi Industri 4.0

Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih. Kita bisa terhubung dengan ratusan, ribuan, bahkan jutaan orang di dunia hanya dengan teknologi. Selain mudah di akses, teknologi juga dapat memberikan kita keuntungan dalam berwirausaha. Kewirausahaan yang dipengaruhi oleh, atau memanfaatkan, transformasi digital dalam bisnis dan masyarakat disebut wirausaha digitalPenggunaan teknologi digital yang dilakukan ialah mendistribusikan usaha yang dimiliki melalui media sosial, misalnya perusahaan makanan. Perusahaan makanan sebagai distributor memiliki pola bisnis yaitu food supply chain management (manajemen rantai pasokan) khusus makanan, karena untuk supply makanan kita harus memiliki ciri khas yang berbeda dengan supply barang lainnya. 

http://armyardiyantoro.blogspot.com/2016/07/kewirausahaan-di-era-digital-dari-peran.html

Wirausaha digital sangatlah penting, karena untuk mengelola sebuah wirausaha jika tidak menggunakan teknologi sangat berat, apalagi di era revolusi industry 4.0 ini. Ada beberapa hal yang membuat kendala-kendala berwirausaha dapat diminimalisir dalam era digital ini membuat upaya berwirausaha menjadi lebih cepat, lebih terjangkau, lebih mudah, bahkan menciptakan banyak kesempatan kolaborasi dan membuat suatu usaha tersebut menjadi lebih efektif. 

Dalam berwirausaha digital prospek mahasiswa untuk menjadi digital entrepreneur sangat diharapkan, jika mahasiswa tersebut bisa membayangkan masa depan nantinya akan seperti apa, maka mereka bisa menginvestasikan waktu untuk mempelajari masa depan tersebut sehingga bisa menjadi leader, tetapi saat ini mahasiswa lebih memanfaatkan teknologi informasi khusus untuk kegiatan bersosial saja, sehingga tidak terbesit dipikiran mereka bagaimana memanfaatkan peluang perkembangan digital ini yang tentunya bisa menjadi nilai tambah ketika mereka ingin menjadi entrepreneur.Untuk melakukan wirausaha digital jika tanpa teknologi digital yang handal operasional sangat sulit untuk dikontrol, karena perlu menguasai beberapa perangkat keras maupun perangkat lunak. Untuk menguasai teknologi digital yang handal setiap perusahaan terafigrasi harus mempunyai laporan bulanan keuangan seperti pajak, dan lain-lain. Untuk masuk ke dunia digital memerlukan 4 ketentuan agar bisa mengetahui apakah revolusi digital sudah masuk ke industry Indonesia atau belum. Ketentuan untuk masuk ke dunia digital tersebut yaitu, Mobile Internet, Cloud Technology, Internet of Things (IoT), Bigdata & Advance. Jika semua sudah meningkat secara signifikan maka digital telah masuk ke industry di Indonesia.


Perbandingan Indonesia dengan negara lain saat ini yaitu, harga internet di Indonesia lebih murah dibanding 20 negara di dunia. Indonesia menduduki peringkat kedua setelah India, tetapi untuk kualitas internet tergolong rendah dibandingkan dengan negara lain, karena penduduk Indonesia yang sangat padat. Dari segi pengguna media sosial Indonesia termasuk negara tertinggi di dunia. Sekitar 78 persen pengguna internet saat ini melakukan pembelian secara online, dan sekitar 75 persen pembelian online dilakukan melalui perangkat seluler sehingga untuk peluang menjadi pengusaha lebih besar dalam menyebarkan produk yang kita jualkan.

Seorang entrepreneur dapat memanfaatkan teknologi seperti media sosial dalam membangun bisnisnya. Kita bisa mempelajari bisnis melalui google trend, google Edward agar kita dapat  mengetahui cara untuk melakukan marketing, karena jika produk sebagus apapun, tetapi strategi marketingnya salah maka tidak akan ada orang yang tahu dan produk kita tidak akan bisa berkembang. Sekarang ini adalah era digital marketing maka kompetensi tersebut sangat penting dan diperlukan.

Jika kita sudah memulai untuk menciptakan sebuah wirausaha digital, maka kita harus memikirkan kompetensi atau skill yang diperlukan untuk bisa mengambil peluang wirausaha digital. Ketika kita berbicara mengenai target finansial, kita harus mengetahui bagaimana caranya pelanggan selalu membeli di tempat kita, misal saat kita membuka outlet untuk pertama kali, maka kita harus berfikir bagaimana cara kita bisa menambah pelanggan, salah satunya adalah menyebarkan brosur mengenai produk yang kita jual, dan memberikan diskon by 1 get 1 untuk 20 pembeli pertama. Target finansial tersebut terkait dengan pelanggan baru maupun pelanggan lama yang selalu membeli produk di tempat kita. Dari sisi lain perlu ada penghematan, seperti hemat biaya dan asset produktif. Untuk mencapai target financial tersebut. Pelanggan harus merasa puas dengan pelayanan kita dan untuk membuat pelanggan merasa puas kita harus mengerjakan proses internal secara sempurna. Dalam mengerjakan proses internal tersebut menjadi sempurna kita harus mengetahui sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk bisa melaksanakan SOP yang ingin dilaksanakan.

Di dalam target finansial kita harus melihat dari segi kepuasan pelanggan, seperti harga, kualitas, tersedia, pilihan, fungsi, layanan, mitra, dan citra. Kita bisa, membuat pelanggan sebagai mitra karena pelanggan yang loyal muncul dari kemampuan kita membangun kemitraan. Citra juga sangat penting dari segi kepuasan pelanggan, seperti pemilihan nama toko dionline, harus lebih berhati-hati karena sangat terkait dengan citra dan strategi dalam membangun brand. Seluruh komponen kepuasan pelanggan bisa kita pilih berdasarkan prioritas, misalkan untuk toko menengah kebawah diharuskan untuk mengutamakan harga (price list). Saat seseorang tidak berfikir mengenai harga, maka untuk kualitas, layanan, kemampuan untuk membangun kemitraan, dan citra menjadi sangat penting tergantung dari segmen kita masing-masing.

Terdapat sepuluh kompetensi yang diperlukan dalam mengambil peluang wirausaha digital. Pertama, komunikasi, karena wirausaha perlu menyalurkan ide serta promosi ke investor maupun pelanggan. Kedua, kecerdasan financial, tidak harus mengenai detail untuk membuat laporan keuangan karena yang terpenting adalah cash low. Ketiga, merek, setiap wirausaha harus memiliki merek dan setiap wirausaha adalah merek. Cara berbicara, menanggapi email, menulis proposal merupakan citra. Contoh dari merek adalah apple yang memiliki citra sangat besar, seperti saat launching produk terbaru banyak masyarakat atau pembeli loyal rela antri untuk menjadi pemakai pertama produk tersebut. Harga berapapun bagi customer loyal tidaklah penting dan dalam sebuah merek bisa mendeteksi pelaku loyal tersebut. Keempat, marketing, meskipun seorang wirausaha mempunyai produk terbaik di dunia, tetapi jika ada yang tahu rahasia dari produk tersebut, maka produk tersebut tidak akan berharga. Kelima, networking, tali silaturahmi akan memperluas rezeki. Semakin luas tali silaturahmi yang dibangun, maka semakin kuat produksi bisnis seorang wirausaha. Saat kita jatuh ataupun mengalami masalah, jika ada networking dan networking tersebut adalah mitra usaha kita, maka networking tersebut dapat membantu kita dalam menyelesaikan masalah. Keenam, automation, melakukan hal yang sama berulang kali akan mengurangi produktivias wirausaha. Jika perangkat lunak bisa dikerjakan, maka pelajari cara menggunakan/melakukan pendelegasian. Ketujuh, desain, perbedaan antara produk yang baik dan produk hebat adalah desain. Kedelapan, analytics, belajar menganalisis menjadi hal penting. Sehebat apapun firasat/intuisi, belajarlah membuat keputusan berdasarkan data. Kesembilan, technical, pemrograman memang suatu keterampilan penting di dunia digital. Kesepuluh, learning, online learning merupakan salah satu keterampilan penting di era digital yang akan membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis kita. Pada dasarnya kompetensi dan kemauan menjadi hal yang sangat penting, karena jika sudah mempunyai hal tersebut kita bisa memulai membangun bisnis dengan tata cara bisnis kita sendiri

13 komentar:

Ini Dia Urutan Film Marvel berdasarkan Kronologis Waktunya!

Tidak sedikit masyarakat yang menyukai film superhero dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Alur cerita yang diangkat dari komik adaptasi St...